Wednesday, November 21, 2012

Tugas Bahasa Indonesia ke-3



Kelompok :
1.    Eko Prasetio            [ 12110315 ]
2.   Mutia Alawiyah        [ 14110879 ]
3.   Putri Puspitasari       [ 15110463 ]

1.     Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda menegenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

2.    Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bisa diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpanan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging, integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

Tugas :

1.     Tentukan ragam bahasa artikel diatas !
2.    Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sistem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
3.    Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.
4.    Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.


Jawab :

1.     Ragam bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa tulis.
Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan  tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam bahasa ini, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) disamping aspek tata bahasa dan kosa kata.
Dengan kata lain, dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk tata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan  ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkap ide.

2.    Diksi pada artikel tersebut dalam bidang sistem informasi
§  Perangkat lunak sistem : perangkat lunak bawaan sistem operasi yang digunakan sebagai perangkat lunak utama agar sistem sebuah komputer dapat berjalan normal
§  User interface : bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna
§  Dashboard : sebuah tampilan panel yang dibuat oleh sebuah   software komputer dengan tujuan menampilkan informasi yang muah di baca
§  Switch : merubah sebuah kondisi yang berbeda dari kondisi awal
§  Scanner : alat elektronik yang berfungsi untuk menduplikat objek tersebut menggunakan sebuah sensor cahaya yang terdapat di dalamnya
§  Scanner optik : perangkat yang diciptakan untuk menerjemahkan setiap gambar analog menjadi digital
§  Electronik imaging : segala yang berhubungan dengan sebuah gambar baik itu penciptaan ataupun pengeditan dilakukan dengan perangkat elektronik digital
§  Integrasi : pembentukkan suatu identitas baru
§  Manipulasi gambar : proses mengubah atau mengedit gambar untuk menghasilkan suatu gambar baru

3.    Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer
Menjadi :
User interface pertama kali ada di layar monitor ketika kita menggunakan perangkat lunak sistem,  yaitu layar tampilan yang bisa di kontrol dan berfungsi sebagai jembatan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.

4.    Topik dari artikel 1 adalah user interface
Menurut kami user interface (antarmuka) adalah sebuah tampilan yang dapat dilihat dengan mata, baik itu sebuah perangkat komputer maupun perangkat lainnya agarpengguna sebuah perangkat dapat menggunakan perangkat tersebut dengan benar dari tampilan user interface perangkat itu sendiri.
Topik dari artikel 2 adalah scanner
Menurut kami scanner adalah sebuah perangkat untuk menterjemahkan gambar,teks,maupun angka yang berbentuk fisik menjadi bentuk digital agar dapat diproses oleh komputer.




No comments:

Post a Comment

post a comment before leave this blog :)